Rabu, 02 April 2014

Desain Kitchen Set Dan Mini Bar Minimalis Modern

Desain Kitchen Set dan Mini Bar
Minimalis Modern
Desain Kitchen Set dan Mini Bar Minimalis Modern ini berlokasi di daerah Wirobrajan Yogyakarta, daerah sebelah barat dari pusat kota Yogyakarta. Klien bermaksud merenovasi area dapurnya. Dapur lama klien adalah dapur klasik dengan banyak ornament profil dan klien ingin mengubah tampilan dapur tersebut dengan gaya minimalis dan memperluas dapur lamanya. Sewaktu saya dan tim survey lokasi, pada waktu itu klien juga sedang merenovasi area kamar mandi dan tangga dengan bantuan dari arsitek jogja juga, dan sedang dikerjakan oleh tukang finishing bangunan.


Ukuran dapur lama klien (eksisting) adalah 284cmx278cm. Klien ingin agar dapur lama tersebut hanya untuk dapur kotor (untuk keperluan masak berat dan mencuci) dan mini bar kecil yang terhubung dengan ruang keluarga. Sedangkan ruang yang ingin diperluas adalah ruang khusus untuk dapur bersih (masak ringan dan penyajian) disebelah kiri area dapur lama dengan ukuran 326cmx278cm.

Desain Kitchen Set dan Mini Bar
Minimalis Modern
Untuk dapur lama, saya mendesain ulang dengan memindahkan area cuci dan area masak. Area cuci saya pilih dekat dengan minibar agar memudahkan dalam kegiatan cuci mencuci dan memudahkan instalasi air kotor buangan. Untuk dapur lama ini saya desain menggunakan finishing HPL dengan motif kayu dan berwarna muda. Sedangkan untuk tambahan dapur baru, saya desain dengan simple dengan tambahan ruang untuk kulkas dan kombinasi bahan dari alumunium dan kaca yang tentunya dengan finishing HPL motif kayu juga.

Gaya modern minimalis ini makin terlihat pada bentuk pintu yang simpel dan grid-grid (pola garis) di dapur ini. Penggunaan handle bentuk minimalis dan bahan stainless steel makin memperkuat kesan modern di dapur ini. Penggunaan kaca dan frame alumunium juga makin memperkuat gaya modern minimalis. Sedangkan untuk bahan finishing HPL sendiri, memang saya sengaja desain kombinasi warna antara muda dan tua sehingga menimbulkan suasana tidak monoton dan dinamis.

Untuk desain mini bar sendiri, saya mendesain dengan bentuk simpel dan menambahkan sedikit aksen pola pada bagian depan minibar tersebut. Desain modern minimalis minibar ini terkesan elegan dengan tambahan list stainless steel pada bagian bawah dan penggunaan batu granit untuk top tablenya. Tambahan lampu warna kuning pada area bagian atas minibar memang sengaja saya ciptakan untuk pencahayaan area minibar tersebut dan agar terkesan suasana yang hangat.

Terimakasih. Semoga bermanfaat. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar