Rabu, 02 April 2014

Pengaruh Tradisi Jepang Terhadap Desain Minimalis

Desain Rumah 1 Lantai Minimalis
Ide kesederhanaan / minimalis muncul dalam berbagai kebudayaan, terutama budaya tradisional Jepang, yaitu Filsafat Zen. Jepang memanipulasi budaya Zen kedalam estetika dan desain elemen untuk bangunan mereka. Gagasan arsitektur ini telah mempengaruhi masyarakat barat, khususnya di Amerika sejak pertengahan abad ke-18. Selain itu, juga menjadi inspirasi arsitektur minimalis di abad 19.

Konsep Zen mengirimkan ide-ide kebebasan dan esensi hidup. Kesederhanaan tidak hanya nilai estetika, tetapi juga memiliki persepsi moral yang melihat ke dalam sifat kebenaran dan mengungkapkan sifat batin bahan dan objek untuk esensi. Sebagai contoh, taman pasir di Ryoanji menunjukkan konsep kesederhanaan dan esensial dari pengaturan beberapa batu dan ruang kosong yang besar.

Prinsip estetika Jepang mengacu pada ruang kosong atau terbuka dengan menghapus semua dinding internal yang tidak perlu dan membuka ruang antara interior dan eksterior. Frank Lloyd Wright pun dipengaruhi oleh elemen desain pintu geser Jepang yang memungkinkan untuk membawa eksterior ke interior. Kekosongan dari penataan ruang adalah ide lain yang mengurangi segala sesuatu ke dalam kualitas yang paling penting.

Estetika ini sangat menghargai kualitas obyek sederhana dan polos. Hal ini menghargai adanya fitur yang tidak perlu untuk melihat kehidupan dalam ketenangan dan mengungkapkan karakter bawaan bahan. Sebagai contoh, seni tumbuhan Jepang , yang juga dikenal sebagai Ikebana, memiliki arti membiarkan bunga untuk mengungkapkan ekspresi diri sendiri. Orang-orang memotong cabang-cabang, daun dan bunga dari tanaman dan hanya mempertahankan bagian penting dari tanaman.

Hal ini menyampaikan gagasan dari kualitas penting dan karakter bawaan di alam. Namun, jauh dari hanya sebuah konsep tata ruang, budaya ini selalu hadir dalam semua aspek kehidupan sehari-hari Jepang, yang berlaku sepanjang waktu dan kegiatan sehari-hari mereka.

Sumber : wikipedia dan berbagai sumber.

Terimakasih. Semoga Bermanfaat. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar